KAMU MERASA GUGUP? LAKUKAN TIPS INI


 


Rasa gugup kerap kali menghantui seseorang yang ingin tampil di depan umum, hal ini mengakibatkan seseorang terlihat tidak profesional. Tampil di depan umum adalah hal yang paling ditakuti setiap orang. Tentunya tampil di depan umum dengan lebih baik merupakan dambaan tiap orang. Namun, rasa ketidakpercayaan diri ini membuat kita takut salah, ditolak, dihakimi dan di permalukan. Ketakutan ini mungkin berawal dari kejadian masa lalu yang tidak mengenakkan. Inilah tips yang harus dilakukan biar kamu tidak gugup lagi.


1. Latihan skill komunikasi

Jangan pernah lelah untuk berlatih karena, ini merupakan point penting yang nantinya akan membuat kamu lebih terbiasa. Kamu bisa saja berlatih dimana saja sehingga membuat kamu lebih merasa percaya diri. Ada cara yang lebih efektif dan efesien yang bisa kamu lakukan untuk berlatih dan meningkatkan skill komunikasi kamu:

- berbicara di depan cermin

- Berbicara didepan kamera seperti melakukan vlog

- Bicara dengan peliharaan kesayanganmu


2. Menghindari pikiran negatif

Buang jauh-jauh pikiran negatif yang membuat mental kamu jatuh. Pikiran negatif akan membuat kamu akan menjadi blank saat berbicara dikarenakan tidak fokus. Maka yang harus kamu lakukan adalah penuhi pikiran positif mu disaat kamu tampil.


3. Kuasai materi dan melakukan riset sebaik mungkin

Rajin lah membaca dan meriset materi mu sebaik mungkin, juga pahami materi yang nantinya akan kamu sampaikan. Agar Kamu harus bisa membawakan materi yang mudah dipahami oleh para audiens. 


4. Memperkaya kosa kata

Mempelajari dan meningkatkan kosa kata baru memungkinkan seseorang meningkatkan daya ingat mereka dan bisa berkomunikasi lebih baik. Ada banyak cara untuk meningkatkan kosa kata kamu setiap hari dengan cara membaca, melihat dan mendengar. Sangat mudah bukan. Hal yang terpenting adalah jangan pernah mengabaikan setiap kalimat atau kosa kata baru kamu dengar.

Posting Komentar

0 Komentar