WARNING!!! MABA HARUS MENJADI MAHASISWA YANG ADAPTIF, BEGINI CARANYA....

                           

Ngegim.com- Menjadi Mahasiswa Baru (Maba) merupakan status yang disandang oleh mahasiswa di tahun pertama kuliahnya. Biasanya seseorang yang memasuki dunia perkuliahan pada usia 18 tahun, yang merupakan tahapan pertama dari era dewasa muda. Tuntunan akademis yang tinggi juga dirasakan oleh para mahasiswa baru. Dengan kondisi-kondisi perubahan pada mahasiswa tahun pertama kemungkinan besar akan mendapat kesulitan dalam melakukan penyesuaian pada lingkungan baru.

Kehidupan mahasiswa dikampus seringkali dianggap sebagai kehidupan yang bebas dan melakukan sesukanya. Padahal, kesuksesan mahasiswa itu akan dipengaruhi berbagai banyak hal dari sistem lingkungan perkuliahan, pertemanan, pergaulan dan tentu saja dari diri sendiri. Maka dari itu, sebagai mahasiswa perlu memikirkan bagaimana menjadi mahasiswa yang adaptif, seperti:

1. Manajemen Waktu yang Baik
 Sebagai seorang mahasiswa kita dituntut untuk bisa mengatur waktu sebaik mungkin karena dunia perkuliahan sangat berbeda dengan masa-masa sekolah. Selain itu, mahasiswa baru harus bisa memprioritaskan mana kegiatan yang bermanfaat atau sebaliknya.

2. Mengembangkan Softkill  
Selain memanajemen waku, mahasiswa juga harus mengasah kemampuannya. Banyak hal yang dapat dilakukan mahasisa untuk mengasah kemampuannya, diantaranya: Mengikuti kegiatan organisa kampus, ikut program magang, mengikuti pelatihan dan seminar juga menambah wawasan ilmu teknologi & digital, dan masih banyak lagi. 

3. Memilih Circle Pertemanan yang Baik
Ini merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam memilih pergaulan di dunia perkuliahan. Kamu harus bisa memilih teman yang bisa membawamu ke hal yang positif dan berkualitas karena itu akan sangat mempengaruhi pribadi kamu. Seperti pepatah yang meriwayatkan " Jika seseorang yang duduk (berteman) dengan orang baik dan buruk, bagaikan berteman dengan pemilik minyak wangi dan pandai besi. 

4. Meningkatkan jiwa kepemimpinan, komunikasi dan kemampuan menyelesaikan masalah
Dunia perkuliahan menuntut kita untuk aktif berkomunikasi dengan orang lain untuk memperluas relasi. Para maba harus bisa mengikuti organisasi baik dari dalam kampus maupun luar kampus, sehingga mampu mengasah public speaking, memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu menyelesaikan beberapa masalah dengan baik.


Itulah beberapa hal-hal yang sangat penting untuk membantu para mahasiswa baru dalam mempersiapkan diri agar adaptif dalam menghadapi perubahan didalam dunia perkuliahan.
Untuk para mahasiswa baru jangan pernah takut untuk menghadapi dunia perkuliahan nantinya. YOU CAN DO IT<3.... HIDUP MAHASISWA!!!!
 

Posting Komentar

0 Komentar