Rekomendasi Situs Website untuk Pengecekan Plagiarisme Free

 

Kata plagiat sudah tidak asing kita temui di dunia penulisan. dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) plagiat merupakan tindakan menciplak tulisan atau karya seni kemudian mempublis kembali atas nama diri sendiri.

Upaya pencegahan tindakan plagiat terus dilakukan dalam berbagai lingkup, terutama pada lingup perguruan tinggi. Untuk mencegah tindakan terjadinya plagiat, pemerintah pemerintah membuat aturan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 17 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi. Peraturan tersebut berisikan tentang pengertian, pencegahan, penanggulangan, serta sanksi bagi siapapun yang berada dalam lingkup perguruan tinggi. 

plagiat dalam bentuk penulisan merupakan masalah yang sering terjadi dan sangat mudah dilakukan. Oleh sebab itu, untuk meminimalisir tindakan tersebut ada beberapa cara cek plagiat dalam bentuk teks atau dokumen dengan mudah dan praktis.
Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

1. Plagiarisma


Website plagiarisma ini mampu mendeteksi tindakan plagiarisme dengan berbagai cara. Situs website ini juga sudah mendukung lebih dari 190 bahasa. untuk mencek apakah benar anda cukup mengunjungi situs plagiarisma.net dan masukan teks. anda juga dapat mengunggah teks dari Google Drive ataupun dari komputer, Plagiarisma mendukung format teks TXT, HTML, RTF, DOC, DOCX, XLS, XLSX, PDF, OTD, EPUB, FB2, dan PDB. Teks ataupun dokumen akan dprses jika ada bagian yang merupakan plagiat, an plagiarisma akan menampilkan dalam bentuk persen.

2. Duplichecker


Duplichecker merupakan sebuah situs website yang digunakan untuk pengecekan tidakan plagiat dengan mudah dan gratis. Kunjungi situs duplichecker.com dan masukkan teks kedala kolom pencarian maksimum 1.000 kata per pencarian. website ini juga bisa mengunggah file dokumen atau menggunakan alamat situs web. Jika tidak ditemukannya kecocokan, aka akan muncul "No Plagiarism Detected". sedangkan jika ditemukannya kecocokan maka akan ditampilkan berapa persen jumlah plagiat serta sumber dari teks yang diinput.

3. Copyleaks


Copyleaks menyediakan fitur pengecekan plagiarisme dengan cara membuat akun terlebih dahulu. Melalui situs copyleaks.com, pengguna bisa mendafta untuk mendapat kan akun secara gratis kemudian memasukan teks atau dokumen yang akan diperiksa. Copyleaks ini mendukung format dokumen DOC, DOCX, PPT, dan PDF serta hanya terbatas untu 20 kali pengecekan dalam sebulan untuk penggunaan akun gratis.

Jadi untuk pembaca setia ngegim.com demikian cara pengecekan tindakan plagiarisme melalui beberapa situs web dengan mudah dan gratis.


~DR









 

Posting Komentar

0 Komentar