KAPAN LULUS? INI ALASAN PENYEBAB MAHASISWA TELAT LULUS KULIAH..




Dimasa kuliah tidak heran bagi para mahasiswa ingin lulus secara tepat waktu tanpa ada halangan apapun. Namun, ada berapa halangan sehingga para mahasiswa tidak lulus secara tepat waktu dikarenakan ada beberapa hal tertentu. Inilah alasan penyebab mahasiswa tidak lulus secara tepat waktu.

1. kuliah sambil cari cuan
Memang kuliah sambil kerja itu tidak salah. Tidak heran saat ini, banyak mahasiswa yang kuliah sembari menjalankan bisnis atau bekerja. Disisi lain, hal ini tentu baik untuk menambahkan skill dan pengalaman. Sayangnya, tak jarang terdapat mahasiswa yang terlalu asyik mendulang rupiah dari bisnis atau bekerja sehingga lupa terhadap kuliahnya. Namun apabila sudah memutuskan untuk mengambil dua kegiatan tersebut para mahasiswa harus bisa bertanggung jawab kepada keduanya.


2. Mengambil cuti kuliah 
Tidak jarang ditengah perkuliahan yang berlangsung para mahasiswa memilih mengambil cuti kuliah  karena ada beberapa alasan mendesak seperti urusan keluarga, sakit parah, bahkan terkadang karena mahasiswa terlalu stress dengan perkuliahan dan ingin refreshing sehingga membuat kuliah tertunda.

3. Sibuk Organisasi
Biasanya para mahasiswa yang terlambat lulus kuliah salah satunya adalah terlalu fokus dengan kegiatan non akademis. Seperti, mengikuti ukm, aktif dalam berorganisasi baik didalam zona kampus maupun diluar sehingga para mahasiswa yang aktif dalam berorganisasi harus membuatnya mengorbankan perkuliahan.

4. Kendala Finansial
Ini biasanya menjadi permasalahan bagi para mahasiswa rantauan yang biasanya terlambat dalam membayar UKT dikarenakan permasalahan ekonomi keluarga. Akibatnya bahkan tidak bisa mengikuti ujian.

5. Nyangkut di Skripsi
Ini biasanya salah satu alasan yang paling umum bagi para mahasiswa yang telat menyelesaikan kuliah tepat waktu. Bisa jadi dikarenakan penelitian yang belum selesai, dosen pembimbing yang susah untuk ditemui, dan revisi yang belum beres sampai akhirnya tertunda hingga beberapa semester. 

Sudah tahukan alasannya kenapa Mahasiswa telat menyelesaikan kuliahnya tepat waktu. Bukan berarti malas atau bodoh. Untuk para mahasiswa jangan melupakan prioritasnya sebagai mahasiswa sehingga mengabaikan tugas utamanya. Semangat kuliah bagi teman-teman mahasiswa!!!




                                                                                                                                          Penulis: wbsahira

Posting Komentar

0 Komentar