Dosen dan mahasiswa UNJ luncurkan mobil listrik

 


Shuttle Bus Campus adalah produk mobil listrik yang di luncurkan oleh dosen dan mahasiswa Universitas Negri Jakarta (UNJ).

Peluncuran mobil listrik di hadiri mitra yang bekerja sama dengan UNJ seperti PLN , perusahaan karoseri serta tim pengembang mobil listrik UNJ.

Disampaikan oleh Dr. Uswatun Hasanah selaku Dekan FT UNJ, hasil karya dosen dan mahasiswa ini merupakan ide dari rektor. Yakni untuk menciptakan alat transportasi internal kampus yang ramah lingkungan dan berteknologi masa depan.


Rektor UNJ, Prof. Komarudin,  mengatakan bahwa gagasan awal pembuatan mobil listrik ini adalah karena karena pihaknya ingin UNJ menjadi urban kampus.

" kita ingin di dalam lingkungan kampus bersih dari mobil parkir di jalan, maka kedepannya ada alat transportasi di dalam kampus seperti sguttle" ujar Prof. Komarudin.


" Mobil listrik UNJ kami namakan Elcara-0108 yaitu Electric Car of Rawamangun. 01 adalah menandakan generasi pertama dan 08 adalah menandakan kapasitas penumpang" jelas Prof. Komarudin.





Pembuatan mobil listrik UNJ memakan waktu pengerjaan selama 8 bulan lamanya. Yakni 2 bulan proses desain dan 6 bulan masa perakitan.


Berikut tahapannya:

- membuat konsep

- desain konsep

- desain detail

- riset fitur

- pengembangan komponen

- perakitan body

- pemasangan dan uji coba fitur

- finishing

- terakhir uji coba


Posting Komentar

0 Komentar