Wajib Bangga! Lima Kelebihan Sirkuit Mandalika


Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengabarkan, Proses penyelesaian pengaspalan itu disebut sebagai persembahan MGPA untuk Indonesia yang akan berulangt ahun ke-76 pada Selasa (17/8).

pengaspalan trek dengan panjang 4,310 km tersebut sudah selesai dan tersambung. Kondisi permukaan sirkuit dengan 17 tikungan itu sudah dilapisas palmulus dan siap untuk segera digunakan sesuai target akhir 2021. Proses selanjutnya yaitu pengerjaan  service  road dan run off. Kemudian race control dan medical centera kan dikebut selesai sebelum  November 2021.

Pasalnya, sirkuit baru Indonesia ini dipakai untuk perlombaan dengan skala internasional Seperti saat ini, di mana sirkuit Mandalika untuk pertama kali nya digunakan untuk ajang  World Super Bike (WSBK) Mandalika 2021. Selain itu direncanakan Sirkuit Mandalika juga akan digunakan untuk ajang balapan MotoGP  tahun 2022 sekitar tanggal 20 Maret. Apa saja kelebihan dari Sirkuit Mandalika?

1.Teknologi aspal terbaru Mengutip Kompas.com, 15 November 2021, Sirkuit Mandalika dibuat menggunakan teknologi aspal terbaru, yakni Stone Mastic Asphalt (SMA), sehinggasirkuitinidisebut-sebutlebihbaikdariSirkuit Sepang Malaysia. Partikeldari SMA initakterlalurapatatauterlalujarang, sehinggapermukaannya rata. Adanyateknologiinimenjadikanaspal, meskisudah masa 5 tahun, takperludilakukanpelapisanulang. Baca juga: Viral, Kisah Pebalap WSBK 2021 Scott Redding Bertemu Bocah Penjual Gelang  di Mandalika



2.Pemandangan alam yang cantik Sirkuit Mandalika berada di Kawasan The Mandalika. Kawasan ini merupakan destinasi pariwisata kelas  dunia  dan  dekat dengan  area  laut.  Sehingga,  setiap tikungan sirkuit Mandalika memiliki pemandangan alam Mandalika dengan lanskap bibir pantai  dan  perbukitan  yang  asri  nan  cantik.  Adapun panjang sirkuit yakni 4.310  meter yang dilengkapi 17 tikungan dan luas nya secara keseluruhan yakni mencapai  120  hektar.  Baca juga:  Profil Sirkuit Mandalika,  Lombok,  Trek  Bala puntuk  MotoGP  2022


3. Fasilitas lengkap Sirkuit Mandalika memiliki sejumlah fasilitas  yang  lengkap.  Fasilitas tersebut,  di  antaranya terowongan,  pusat kontrol balapan  (race control), hingga pusat kesehatan. Sikruit juga dilengkapi dengan  area  pendaratan helikopter  (helipad).


4. Kapasitas penonton mencapai  138.000  orang  Kapasitas  Grand  Seating  Street  Circuit  Mandalika bisa mencapai lebih dari  50.000  tempat  duduk.  Adapun  non-seated area (tribunberdiri) sanggup untuk menampung  138.000  orang.  Penonton  juga bisa menonton  di  Hospitality Suites yang direncanakan berkapasitas  7.700 penonton.


5. Pembangunan tercepat di dunia Mengutip dari Antaranews, Direktur PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer mengatakan,  pengerjaan lintasan utama  Jalan  Kawasan  Khusus  (JKK)  yang  menjadi lintasan sirkuit internasional Mandalika merupakan yang tercepat di dunia. Sirkuit sendiri mulai dikerjakan  pada 15 Juni 2020 dan selesai 15 Agustus 2021 atau satu tahun satu bulan.  Sirkuit Mandalika adalah buah karya dari perusahaan arsitektur asal  Amerika Serikat Popuolus.  Perusahaan  ini telah berpengalaman mendesain berbagai  venue  olahraga ternama,  seperti  Wembley Stadion.



Posting Komentar

0 Komentar