Wahhh!! ini 5 LUKISAN TERMAHAL di DUNIA


    Sebuah karya seni memang sangat sulit untuk diukur nilainya. Maka tak heran sangat banyak karya seni yang dihargai dengan sangat mahal hingga ratusan miliaran, termasuk juga sebuah lukisan.

Banyak factor yang membuat lukisan dapat dijual dengan harga yang sangat mahal. Mulai dari keindahannya, siapa pelukisnya, hingga cerita dibalik pembuatan lukisan itu sendiri.

Oleh karena itu, tak sedikit orang – orang pecinta lukisan  rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk memiliki sebuah lukisan.

Diantaranya banyak lukisan – lukisan terkenal di dunia, yang bahkan dapat menyentuh angka 450 juta dollar AS atau setara dengan Rp 6,4 triliun loh!

Berikut ini adalah 5 lukisan termahal di dunia yang telah terjual di pelelangan atau dalam penualan pribadi:


1.  Lukisan “Salvator Mundi” karya Leonardo Da Vinci



    Lukisan karya Salvator Mundi ini berhasil memecahkan rekor untuk lukisan termahal, yang terjual dengan angka 450 juta dollar (sekitar Rp 6,4 triliun) pada tahun 2017 di Balai Lelang Christine. Lukisan ini diyakini sebagai karya otentik pelukis legendaries asal Italia Leonardo Da Vinci, yang bahkan sudah diverifikasi oleh banyak pakar dunia.

Lukisan yang diberi nama Salvator Mundi ini dibeli oleh seorang pangeran Arab Saudi yang bernama Bader bin Abdullah bin Mohammed bin Farhan al-saud. 

    Namun, belakangan terjadi perdebatan tentang pembelian lukisan oleh pangeran Arab Saudi ini, dimana lukisan yang bernama Salvator Mundi ini memiliki arti yaitu juru selamat dunia, yang menampilkan Yesus sebagai Monalisa versi pria. Hal ini menjadi perdebatan karena latar belakang lukisan dan juga latar belakang seorang pangeran dari Arab Saudi, karena negara ini terkenal dengan penganut Agama Islam yang sangat  kental. Namun, selepas dari persoalan ini muncul kabar dengan dugaan bahwa lukisan Salvator Mundi ini bukanlah karya langsung dari seorang maestro.

Disebutkan bahwa gambar itu dilukis oleh seorang asisten atau murid, yang dibantu dengan sedikit sentuhan dari Leonardo Davinci.

     Sampai sekarang tidak ada yang tahu dimana lukisan itu sekarang, dengan rumor yang beredar menyebut mahakarya itu ditempatkan disuatu tempat di Arab Saudi. Yaitu, berada di yacht super mewah milik putra mahkota, dengan panjang hingga 133 meter.


2. Lukisan “Interchange” karya Willem De Kooning



    Lukisan ini merupakan karya seorang pelukis dari Belanda Willem De Kooning. Lukisan ini diselesaikan oleh De Kooning pada tahun 1955 yang  akhirnya terjual dengan angka 300 juta dollar AS (sekitar Rp 4,32 triliun) pada September 2015 lalu. 

Lukisan ini dibeli oleh seorang miliuner asal Amerika Serikat Kenneth C. Griffin. 

Lukisan bernama Interchange ini menjadi lukisan mahal yang laku terjual lewat penjualan pribadi atau private sale.


3.  Lukisan “The Card Players” karya Paul Cezanne



    The Card merupakan lukisan
  karya Paul Cezanne ini diperkirakan dibuat pada tahun 1892 atau 1893 silam. Seniman asal Prancis Paul Cezanne membuat lukisan dengan aliran post impresionisme. 

Lukisan ini merupakan salah satu mahakarya dari Paul Cezenne itu laku terjual sekitar 250 juta dollar AS (Rp 3,6 triliun) lewat penjualan pribadi. Lukisan ini dibeli oleh kelurga kerajaan Qatar pada April 2011 lalu.


 4.   Lukisan “Nafea Faa Ipoipo (When Will You Marry?)” karya Paul Gaugin


  

    Karya keempat bernama Nafea Faa Ipoipo yang juga merupakan seni lukisan beraliran post-impresionisme, yang dibuat oleh seorang pelukis asal Prancis bernama Paul Gauguin. Lukisan ini juga mempunyai nama lain yaitu “When Will You Marry?”.

Lukisan ini laku terjual lewat penjualan pribadi oleh keluarga Kerajaan Qatar pada tahun 2014 dengan harga tinggi yaitu 210 juta dolar AS atau sekitar 3,02 triliun. 

Mahakarya ini dibuat pada tahun 1892, yang di latarbelakangi dari perjalanan Gauguin kepulauan Tahit yang memotret kehidupan wanita setempat.


5.  Lukisan “Number 17A” karya Jackson Pollock




    Tidak main – main, seorang miliuner asal Amerika Serikat Kenneth C. Griffin kembali membeli sebuah lukisan dengan peringkat kelima dunia ini, yang tentunya juga dengan harga yang sangat mahal. 

Lukisan bernama Number 17A  dibuat pada tahun 1948. ini merupakan sebuah mahakarya oleh seorang seniman bernama Jackson Pollock dengan bergayakan abstrak yang berhasil menghabiskan 200 juta dollar AS atau sekitar 2,88 triliun untuk mendapatkannya.

Dan Kenneth C. Griffin telah menghabiskan 500 juta dollar AS untuk membeli dua mahakarya dari Jackson Pollock. 


~ts




Posting Komentar

0 Komentar