5 kuliner khas dari sumatera barat yang patut anda coba!!!



Dalam dunia kuliner, Sumatra Barat terkenal dengan masakan padang  dan restoran padang  dengan citarasa yang pedas. Masakan Padang dapat ditemui hampir di seluruh penjuru  nusantara  bahkan sampai ke luar negeri. Beberapa contoh makanan dari Sumatra Barat yang cukup populer adalah diantaranya :

R1. rendang


 

          Rendang atau randang adalah masakan yang terbuat dari daging sapi yang berasal dari minangkabau,sumateraa barat. Masakan ini dimasak dengan menggunakan banyak rempah-rempah dan santan. Masakan ini adalah makanan ternikmat. Saking nikmatnya, pada tahun 2017 rendang menjadi makanan paling enak nomor satu sedunia versi pembaca internasional CNN dalam”World Best Foods Reader Choice”.

 

22. Sate padang


            Sate padang adalah sebutan untuk 3 jenis varian sate di sumatera barat, yaitu sate padang,sate padang panjang, dan sate pariaman. Sate padang ini memakai bahan dari daging sapi,lidah,serta jerohan(jantung,usus,dan tetelan) dengan memakai kuah yang kental ditambah cabai yang banyak sehingga rasanya pedas.

 

33. Dendeng balado


            dendeng balado adalah makanan khas sumatera barat. Dendeng balado ini terbuat dari daging sapi  tanpa lemak yang diiris tipis dan lebar lalu di rebus dan dijemur,selanjutnya digoreng sampai garing. Kemudian disiram dengan sambal  cabai merah.

 

44. Itiak lado mudo


            itiak lado mudo adalah salah satu makanan khas dari kota bukittinggi. Seperti namanya makanan ini berbahan dasar itiak/bebek yang dimasak dengan berbagai rempah-rempah pilihan yang dipadupadankan dengan cabai hijau yang sangat mengugah selera.


55. Ampiang dadiah


            ampiang dadiah ini adalah salah satu makanan khas sumatera barat. Ampiang dadiah ini terdiri dari sampuran ampiang/emping dan didiah/dadih. Ampiang ini terbuat dari beras ketan yang ditumbuk, dan dadiah nya terbuat dari fermentasi susu kerbau.

 

n

j


Posting Komentar

0 Komentar